Kamis, 12 April 2012

e - commerce





TUGAS MAKALAH

E – COMMERCE





Nama               : Evi Nurhasanah

NIM                : 12096618     

KELAS           : 12.6J.07a











Pengertian E Commerce

E-commerce adalah kegiatan-kegiatan bisnis yang menyangkut konsumen (consumers), manufaktur (manufactures), service providers dan pedagang perantara (intermediaries) dengan menggunakan jaringan-jaringan komputer (komputer networks) yaitu internet.
Julian Ding dalam bukunya E-commerce: Law & Practice, mengemukakan bahwa e-commerce sebagai suatu konsep yang tidak dapat didefinisikan. E-commerce memiliki arti yang berbeda bagi orang yang berbeda.
Electronic Commerce (Perniagaan Elektronik), sebagai bagian dari Electronic Business (bisnis yang dilakukan dengan menggunakan electronic transmission), oleh para ahli dan pelaku bisnis dicoba dirumuskan definisinya. Secara umum e-commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa (trade of goods and service) dengan menggunakan media elektronik. Jelas, selain dari yang telah disebutkan di atas, bahwa kegiatan perniagaan tersebut merupakan bagian dari kegiatan bisnis. Kesimpulannya, “e-commerce is a part of e-business”.
Penggunaan internet dipilih oleh kebanyakan orang sekarang ini karena kemudahan-kemudahan yang dimiliki oleh jaringan internet, yaitu:
Internet sebagai jaringan publik yang sangat besar (huge/widespread network), layaknya yang dimiliki suatu jaringan publik elektronik, yaitu murah, cepat dan kemudahan akses.
Menggunakan electronic data sebagai media penyampaian pesan/data sehingga dapat dilakukan pengiriman dan penerimaan informasi secara mudah dan ringkas, baik dalam bentuk data elektronik analog maupun digital.











CONTOH E COMMERCE
·         Gambar d bawah adalah contoh dari E Commerce Business To Consumer (B2C)
·         Gambar d bawah adalah contoh dari E Commerce Consumer To Consumer (C2C)
·         Gambar d bawah adalah contoh dari E Commerce Business To Busniness (B2C)

·         Gambar d bawah adalah contoh dari E Commerce Consumer To Busniness (B2C)


PENGERTIAN DARI RUANG LINGKUP E COMMERCE

Business To Consumer (B2C) adalah adalah kegiatan E-businesses dalam pelayanan secara langsung kepada konsumen melalui barang atau jasa. Dengan penjualan langsung di internet dan pemesanan dapat langsung dilakukan oleh konsumen karena biaya sudah tercantum. kelebihan dari B2c adalah sebagai berikut :
  • Disebut dengan transaksi pasar 
  •  Konsumen m’pelajari produk yang ditawarkan melalui publikasi 
  • Membeli dengan electronic cash & sistem secure payment 
  •  Meminta agar barang dikirimkan
Bussines to Bussines (B2B) adalah transaksi secara elektronik antara entitas atau obyek bisnis yang satu ke obyek bisnis lainnya, dapat disimpulkan B2B adalah :
·         Disebut juga transaksi antar perusahaan
·         Transaksinya menggunakan EDI dan email untuk pembelian barang dan jasa, informasi & konsultasi
·         Digunakan untuk pengiriman dan permintaan proposal bisnis.
·         keterangan :

EDI - singkatan dari Electronic Data Interchange sebenarnya adalah sebuah metode pertukaran dokumen bisnis antar aplikasi komputer - antar perusahaan/instansi secara elektronis dengan menggunakan format standar yang telah disepakati.

3.      Consumer to Consumer (C2C)  adalah model e-commerce yang menjamur di Indonesia saat ini. Contoh dari C2C adalah iklan baris dan toko-toko buku online dadakan (dimiliki oleh individu yang umumnya memanfaatkan layanan blog gratis seperti blogspot).

C2C terjadi seorang individu melakukan penjualan produk/jasa langsung kepada individu lainnya.

4.      Consumer To Bussines (C2B) adalah Model E Commere dimana individu menggunakan Internet untuk menjual produk atau jasa kepada perusahaan atau individu, atau untuk mencari penjual atas produk atau jasa yang diperlukannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar